Sarana dan Prasarana


1.  Pendahuluan

1.1 Latar Belakang

                  Pesatnya kemajuan teknologi saat ini sangatlah mempengaruhi kemajuan pendidikan di Indonesia. Sistem pendidikan Nasional kian hari kian membaik. Ini terbukti dengan lebih berkembangnnya pola fikir dan cara belajar para siswa dalam menerima pelajaran.
                    Sistem pendidikan Nasional yang membaik ini tidak terlepas dari sarana dan prasarana yang mendukung sistem tersebut. Seperti kita ketahui bersama, para siswa siswi pada saat ini sudah dapat mengadopt pelajaran dari berbagai sumber seperti TV, Internet, Radio sampai pendidikan yang didapat dari alam.
                  Kemajuan teknologi tersebut menuntut sistem pendidikan Nasional untuk mengadakan sarana dan prasarana yang dapat mendukung para siswa di dalam proses pembelajaran.
      Pada saat ini kepedulian pemerintah akan sarana dan prasarana sekolah sangatlah mendukung proses pembelajaran. Seperti halnya pengadaan dana BOS dari pemerintah yang sangat menunjang pengadaan sarana dan prasarana di Sekolah. SMP Negeri 40 Bandung adalah salah satu sekolah yang mendapatkan perhatian dan anggaran didalam pelaksanaan pengadaan sarana dan prasarana.
                 Adapun beberapa sarana dan prasarana yang sudah dapat digunakan dan ditemukan di SMP Negeri 40 Bandung saat ini adalah adanya Lab. IPA, Lab. Bahasa, Lab. Komputer, Perpustakaan, green house dan sebagainya.
    Bidang sarana prasarana memiliki fungsi penting dalam merencanakan dan menyelenggarakan berbagai upaya dalam rangka menciptakan dan bertanggung jawab atas sarana dan prasarana yang ada di dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Dengan melaksanakan fungsi tersebut diharapkan sarana dan prasarana yang ada dapat mendukung kemajuan SMP Negeri 40 Bandung.
               Untuk dapat melaksanakan fungsinya dengan baik, bidang sarana prasarana perlu menganalisis berbagai permasalahan yang berkaitan dengan kebutuhan sekolah khususnya sarana dan prasarana yang dibutuhkan.                                                     
                Berdasarkan pada tuntutan kebutuhan tersebut, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana mencoba menyusun sebuah strategi yang diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan sekolah di dalam proses belajar mengajar khususnya kebutuhan akan sarana dan prasarana sekolah. Adapun strategi yang dilakukan tersurat dalam bentuk ”Rencana Kerja Bidang Sarana dan Prasarana Tahun 2011/2012”.

1.2. Tujuan

Rencana kerja bidang sarana dan prasarana tahun 2011/2012 ini disusun dengan tujuan sebagai berikut:
a.      Memberikan gambaran yang jelas mengenai fungsi dan peran bidang Sarana dan Prasarana di lingkungan SMP Negeri 40 Bandung.
b.      Memberikan informasi mengenai kegiatan sekolah yang berkaitan dengan garapan bidang Sarana dan Prasarana
c.       Memberikan informasi ke dalam dan ke luar tentang hal-hal yang berkaitan dengan Sarana dan Prasarana.

1.3 Landasan

Rencana Kerja Bidang Sarana dan Prasarana Tahun pelajaran 2011/2012 ini disusun dengan berpedoman pada Rencana Kerja SMP Negeri 40 Bandung Tahun 2011 / 2012.

2. Selayang Pandang SMP Negeri 40 Bandung

2.1. Sejarah SMP Negeri 40 Bandung

             SMP Negeri 40 adalah salah satu sekolah yang letaknya sangat strategis yaitu di jalan Wastukancana No. 75 Bandung, memiliki luas tanah 4.400 m2 .
            Awalnya sekolah ini adalah kejuruan (SKN ), tepatnya bulan Juli 1965 dari SKN Cimahi menjadi ST Negeri 2 Cimahi Bandung. Seiring perkembangan zaman pada saat itu sekolah kejuruan dilebur menjadi sekolah umum ,yaitu bulan Juli 1991 dari STN 2 Cimahi jurusan bangunan beralih fungsi menjadi SMP Negeri pada ST N 2 yang saat itu dipimpin ole A. Riamitra, BA. Nama SMP pada STN 2 tak lama usianya berubah namanya  menjadi SMP Negeri 42.
            Pada bulan Oktober 1994 dari SMPN 42 berubah kembali namanya sesuai pengurutan yang baru menjadi SMP Negeri 40 Bandung yang diperkuat dengan Surat Keputusan Mendikbud No: 0259 / 0 / 1994 yang berlokasi di Jalan Arjuna No. 18 Bandung, dan dipimpin oleh Dra. Nurmiana. MS.
            Bulan Juli 1995 bangunan sementara SMP Negeri 40 menempati eks. Bangunan SMKN 1 yang pada saat itu bangunan tersebut akan dijadikan bisnis Center yang berlokasi di jalan Wastukancana No. 75.
            Pada tahun 1996 tepatnya bulan Juli bangunan SMPN 40 yang berlokasi di jalan Arjuna  sudah selesai , tetapi tidak mencukupi untuk rombongan belajar kelas 1,2 dan 3.
Rombongan belajar akhirnya dibagi 2 , untuk kelas 1 dan kelas 3 berlokasi di jalan Wastukancana sedangkan untuk kelas 2 berlokasi di jalan Arjuna No 18.
            Tahun 1997 bulan Januari gedung eks SMKN  yang berlokasi di jalan Wastukancana diserahkan oleh Kepala Bidang DIKMENJUR kepada Kepala Bidang DIKMENUM untuk dipergunakan oleh SMPN 40 Bandung . Sejak saat itu seluruh kegiatan belajar dipusatkan di jalan Wastukancana yang sekarang ditempati, sedangkan bangunan yang berlokasi di jalan Arjuna diserahkan kepada SMP Negeri 32 yang saat itu belum memiliki bangunan .
            Bulan Mei 1997 Dra. Nurmiana ,Ms. Selaku kepala sekolah harus mengakhiri masa jabatannya karena beliau pensiun, untuk sementara SMPN 40 dijabat oleh
Drs,. Karmana Edi Permadi selaku PYMT.                                                                                                              
            Bulan Agustus 1997 datanglah kepala sekolah yang definitif menggantikan
Drs. Karmana Edi Permadi yaitu Drs. M. Ali Nurdin. Kepemimpinan Drs. Ali Nurdin sampai pertengahan tahun 2000, pada saat beliau memimpin, di bidang sarana berhasil mendirikan sebuah mesjid yang dananya dari masyarakat tetapi di bidang SDM dan Kesejahtraan warga belum banyak perubahan, meskipun demikian beliau itu mempunyai Visi dan misi yang jelas dengan tujuan ingin memajukan dan meningkatkan SMP Negeri 40 Bandung.
            Pertengahan tahun 2000 tongkat kepemimpinan SMP Negeri 40 dipimpin oleh Drs. Yayan Yunandar sampai pertengahan tahun 2004, beliau melanjutkan visi dan misi kepala sekolah sebelumnya.
            Tahun 2004 tepatnya bulan April kepemimpinan Drs. Yayan Yunandar di SMPN 40 berakhir dan digantikan oleh Drs. Omin Sukanda M.M.Pd sampai bulan April 2010.
Pada masa kepemimpinan beliau pembangunan fisik sekolah sangat pesat mulai dari penambahan ruang Kelas Belajar, Laboratorium Bahasa, Lab. Komputer dan ruang Perpustakaan, bahkan beliau membuka kelas jauh yaitu SMP Terbuka dengan induk SMPN 40 berlokasi di SMPN 40.
             Pada bulan April 2010 kepemimpinan Pak Drs. Omin Sukanda M.M.Pd beralih ketangan kepemimpinan Dr.Yusro.S.H.M.Pd. Beliau berasal dari wilayah selatan tepatnya SMP Negeri 3 Kota Bandung sampai sekarang.
Seiring dengan waktu yang berjalan SMPN 40 telah menghasilkan berbagai prestasi seperti pada kegiatan ekstrakurikuler sekolah mulai dari PASKIBRA , PMR, dan olahraga telah mengukir nama SMPN 40 di tingkat kota Bandung atau tingkat Provinsi.
            Untuk mengantisipasi perkembangan pendidikan khususnya di SMPN 40 ,maka setiap siswa selain dibekali bidang akademis juga diharapkan adanya unggulan di bidang keterampilan,supaya kelak hidup mandiri dengan pendidikan yang berbasis pada masyarakat luas dengan orientasi kecakapan hidup ( life skills )

2.2  Situasi dan Kondisi Sekolah

            SMP Negeri 40 kota Bandung adalah salah satu sekolah yang letaknya strategis yaitu di Jalan Wastukancana No.75 Bandung, memiliki luas tanah 4.400 m2 yang dipakai untuk R.Kepsek, R.Guru, R.TU, R.Perpus, R.Lab Bahasa, R.Lab Komputer, R.Lab IPA, R.OSIS, R.Kop Siswa, R.Pos Satpam, Mesjid dan ruang belajar siswa sebanyak 30 ruangan. Rombongan belajar hanya satu shif di pagi hari, sedangkan siang digunakan oleh SMP terbuka.                                                                                                                         

2.3. Organisasi Sekolah

SMP 40 memiliki jumlah seluruh personal 85 orang yang terdiri dari 65 orang tenaga pengajar, 11 orang TU, 4 orang penjaga sekolah, 2 orang satpam, dan 2 orang cleaning service. Dengan banyaknya personal diharapkan dapat mewujudkan visi dan misi SMPN 40. Adapun struktur organisasi SMPN 40 Bandung ( terlampir ).   

2.4 Visi, Misi dan Motto SMP 40 Bandung
VISI SEKOLAH
SMP Negeri 40 mempunyai Visi yaitu “ Menjadikan sekolah unggul dibidang akademis dan non akademis serta berwawasan lingkungan.

                                                                                                                                 
     STRATEGI :
1. Penataan sekolah
2. Pengadaan dan penggunaan secara optimal sarana dan prasarana pembelajaran
            yang mengarah pada pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif
  1. Pemberdayaan 6 K
a.    Terciptanya keamanan yang semakin mendukung bagi terselenggaranya proses kegiatan mengajar yang efektif
b.      Terciptanya budaya bersih menuju pada Wawasan Wyata Mandala yang representatif
c.       Ketertiban yang semakin baik
d.      Terciptanya keindhan dan keserasian seluruh lingkungan sekolah
e.       Makin terpupuk rasa kekeluargaan dan kebersamaan diantara warga SMP Negeri 40 Bandung
f.       Terwujudnya kerindangan melalui pembuatan taman-taman sekolah
  1. Peningkatan Profesionalisme
a.       Menyelenggarakan penataran sistem pengujian bagi para guru
b.      Memasyarakatkan KTSP yang berbasis siswa kepada semua guru
c.       Mengadakan pembinaan secara berkala
d.      Memberdayakan MGMP sekolah
e.       Mengefektifkan waktu / jam KBM
f.       Menyelenggarakan kelas unggulan
g.      Meningkatkan pengawasan budaya kerja
h.      Memberdayakan perpustakaan sekolah
i.        Memberdayakan laboratorium sekolah
  1. Pemberdayaan OSIS
a.       Meningkatkan pembinaan sumber daya pengurus dan pembina OSIS
b.      Menumbuhkan sikap disiplin dalam segala aspek kehidupan
c.       Meningkatkan pembinaan siswa dalam berorganisasi
d.      Meningkatkan pembinaan ketaqwaan siswa melalui wadah OSIS
e.       Membentuk koperasi siswa
f.       Melengkapi sarana prasarana OSIS
                                                                                                                  
       6.  Peningkatan tertib administrasi
a.       Mewujudkan Wawasan Wyata Mandala yang kondusif
b.      Peningkatan kerja
c.       Peningkatan tertib administrasi
d.      Mewujudkan Wawasan Wyata Mandala yang kondusif
e.       Peningkatan kerja
f.       Peningkatan Kesejahteraan Pegawai
        7.Program Pembangunan Fisik
        8. Program 4 tahun
2.5 Tujuan
                 Rencana kerja bidang sarana prasarana Tahun 2011/2012ini disusun dengan tujuan sebagai berikut:
Memberikan informasi mengenai fungsi dan rencana kerja Wk. bagian sarana dan prasarana.

2.6 Landasan

           Rencana kerja bidang sarana dan prasarana tahun 2011/2012 ini disusun dengan berpedoman pada ketentuan sebagai berikut :
a.      Rencana kerja 4 tahun SMP Negeri 40 Bandung
b.      Rencana kerja SMP Negeri 40 Bandung tahun 2011/2012


3.1. Keadaan Sarana dan Prasarana yang ada di SMP Negeri 40 Bandung

               Sarana dan prasarana yang ada di SMP Negeri 40 Bandung terdiri dari tanah dan bangunan.

3.1.1 Tanah

a.      SMP Negeri 40 mempunyai luas tanah : 4400 m2
b.      Letak tanah : Jl.Wastukancana No. 75 A Bandung 40116 Telp. (022) 4239058 Kecamatan Bandung Wetan, Kelurahan Tamansari Kota Bandung.
c.       Status Pemilik  : Milik Negara
d.      Tanggal dan tahun perolehan gedung : 08 April 1989
e.      Penggunaan :
-       Bangunan :  1.796 m2
-       Halaman tanah : 2604 m2

3.1.2 Bangunan

a.      Gedung sendiri dengan rincian sebagai berikut :
No.
      Bangunan
  Jml
 Kondisi
1
R. Kep. Sekolah
   1
   Baik
2
R. Tata Usaha
   1
   Baik
3
R. Wakil Kepala Sekolah
   1
   Baik
4
R. BP
   1
   Baik
5
R. Perpustakaan
   1
   Baik
6
R. Lab. Bahasa
   1
   Baik
7
R. Lab. Komputer
   1
   Baik
8
R. Lab. IPA
   1
   Baik
9
R. Guru
   1
   Baik
10
R. PMR
   1
 Kurang
11
R. OSIS
   1
 Kurang
12
R. Kop. Siswa
   1
 Kurang
 13
R. Sarana Olah Raga
   1
   Cukup
14
R. Penjaga Sekolah
   1
  Kurang
15
R. WC. Guru
   1
  Baik
16
R. Mushola Guru
   1
  Cukup
17
R. Mesjid
   1
  Cukup
18
R. WC. Siswa
   1
  Kurang
19
R. Belajar Siswa
  30
  Baik

Ket :    Setiap ruangan di SMP Negeri 40 memiliki data barang yang terdapat di dalamnya (data terlampir)

3.2 Fungsi dan rencana kerja Wk. Sarana Prasarana

3.2.1 Fungsi Wk. Sarana Prasarana

            Adapun fungsi dari Wk.Sarana Prasarana adalah :
-                 Memberikan penjelasan tentang kebijaksanaan sekolah, situasi dan perkembangan sekolah sesuai dengan pendelegasian kepala sekolah.
-                 Menampung saran-saran dan pendapat masyarakat untuk memajukan sekolah
-                 Membantu mewujudkan kerjasama dengan lembaga-lembaga yang berhubungan dengan usaha dan pengabdian masyarakat
-                 Melaporkan pelaksanaan hubungan masyarakat dengan berkala

3.2.2 Rencana kerja Wk. Sarana Prasarana

            Di dalam pelaksanaan pengadaan sarana dan prasarana, Wk. bagian sarana prasarana membutuhkan rencana pelaksanaan kegiatan pengadaan kebutuhan, diantaranya:
-                 Menyusun rencana kebutuhan sarana dan prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar
-                 Mengkoordinasikan pendayagunaan sarana dan prasarana
-                 Mengelola pembiayaan alat-alat pembelajaran
-                 Melaporkan pelaksanaan urusan sarana dan prasarana                  
-                 Mengatur pemanfaatan sarana prasarana
-                 Mengelola perawatan dan perbaikan serta pengadaan sarana prasarana yang belum lengkap
-                 Merencanakan program pengadaan

3.2.3 Perencanaan kebutuhan sarana prasarana tahun ajaran 2011/2012

-                 Perbaikan ruangan kelas sejumlah 6 ruang yang mengalami rusak ringan
-                 Pengecetan SMP Negeri 40 Bandung
-                 Pemasangan pintu gerbang belakang yang bertujuan untuk keamanan lingkungan sekolah
-                 Penghijauan di halaman sekolah yang dapat dijadikan bahan pembelajaran para siswa
-                 Rehab ruang kelas sebanyak 2  ruang
-                 Pemasangan keramik 6 ruang
-                 Renovasi Lab IPA
-                 Pembangunan WC siswa
-                 Renovasi WC siswa
-                 Pengadaan WC guru
-                 Pengadaan mikrofon wireless untuk sarana upacara bendera
-                 Pengadaan sound system yang bagus
-                 Pengadaan ATK untuk kelancaran administrasi sekolah
-                 Dsb
Adapun program kerja kegiatan dari bidang Sarana dan Prasarana ( terlampir).



4. PENUTUP

4.1 Kesimpulan

Dengan memperhatikan berbagai faktor ( kekuatan, kelemahan, peluang, hambatan, dan tantangan) baik internal maupun eksternal, diharapkan Rencana Kerja ini dipedomani dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi bidang sarana dan prasarana di SMP Negeri 40 Kota Bandung, untuk tahun pelajaran 2011/2012. Oleh karena itu, bentuk kerja sama semua unsur yang ada dalam rangka mewujudkan visi dan misi SMP Negeri 40 Bandung, tidak dapat ditawar-tawar lagi.
Tidak menutup kemungkinan, dari apa yang telah diuraikan pada Rencana Kerja ini terdapat hal yang belum terakomodir, mungkin karena di luar jangkauan pemikiran, atau karena bersifat insidental, sehingga terjadi pergeseran, perubahan, penggantian, dan penyesuaian. Dengan demikian, hal tersebut kami anggap sesuatu dalam batas kewajaran.

4.2 Saran

Untuk dapat berjalannya rencana kerja ini sebagaimana yang diharapkan, tentu saja menuntut partisipasi semua unsur dalam implementasinya. Untuk itu kami berharap agar apa yang telah dituangkan disini menjadi bagian penting dan mendasar untuk diwujudkan.
Kepada semua unsur terkait dalam proses pendidikan di lingkungan SMP Negeri 40 Bandung, diharapkan dapat mengevaluasi dan menganalisis kemungkinan-kemungkinan yang menjadi alternatif bagi kelancaran pelaksanaan tugas-tugas sarana dan prasarana dimasa yang akan  datang, sehingga langkah penyempurnaan dapat dilakukan secara terencana dan bersifat solusi terhadap permasalahan yang timbul.
                                                                                   Bandung,   Juli 2011
                                                                                   W.K. Sarana Prasarana


                                                                                   Hj. Eni Suhaeni S.Pd
                                                                                   NIP. 105905071988032001

1 komentar:

  1. Agnes menawarkan jasa pembuatan Website dan Blog
    yang :
    Profesional (perusahaan, tour& travel,properti ,pabrik , toko online,website forum, dll)
    Elegan
    Menarik dan interaktif
    Powerfull + SEO

    info lebih lanjut hub 022-92428003
    email: agnestrl2012@gmail.com

    Note:harga sangat bersaing dan bisa kerja jarak
    jauh

    BalasHapus